logo-raywhite-offcanvas

02 Jun 2021

Tips Menghasilkan Uang Dari Properti

Tips Menghasilkan Uang Dari Properti

 

 

 

Dewasa ini kita sering sekali mendengar istilah tajir berkat bitcoin, tajir karena saham, atau menjadi kaya karena sukses di bidang digital marketing seperti Pak Yoyok yang fenomenal karena jualan panci bisa mendapatkan omset milyaran rupiah setiap hari. Tapi kenapa kita sering melihat orang kaya selalu mempunyai investasi dalam bentuk properti?

Tahukah anda, ketika anda menjelajahi daftar orang super kaya di Indonesia, pasti diantara mereka menjadi sukses di usianya dengan salah satu atau kedua hal ini, yaitu; menjadi wirausahawan atau properti (meskipun dalam hal ini, jual beli properti juga termasuk dalam jenis wirausaha).


Dan percayalah, berbisnis properti itu selalu menguntungkan dan bisa diandakan untuk investasi jangka pendek ataupun jangka panjang. Karena jarang sekali orang membeli rumah untuk kemudian dijual lagi dengan harga lebih rendah meskipun statusnya rumah second.  Selain itu, pasti hampir semua orang ingin membeli rumah suatu saat nanti (entah dengan maksud investasi maupun hunian sendiri. Jadi tulisan ini bisa jadi berlaku untuk kalangan investor ataupun buyer (yang kelak bermaksud pindah rumah dengan menjual tanpa takut rugi).

Satu hal yang utama, membeli rumah sekecil apapun itu merupakan wujud investasi untuk masa depan (entah dalam bentuk investasi keluarga maupun bisnis). Jadi bisa dibilang membeli rumah adalah salah satu bentuk transaksi bisnis.

Keputusan rasional.

Ketika anda memutuskan untuk membeli rumah, pastikan anda tidak menggunakan keputusan emosional misalnya tergoda DP 0% yang berakhir penyesalan karena lokasi jauh atau tidak profitable dalam waktu dekat jika anda berharap untuk langsung dapat cuan dari disewakan. Atau memaksakan diri membeli harga rumah diatas kemampuan hanya karena desain maupun embel2 dalam 4 tahun bakal berkembang. Ingat kembali tujuan anda membeli rumah. Bahwa sekecil apapun anda harus mendapatkan keuntungan dari situ, dan membeli rumah itu berarti anda membeli tanah dengan bangunan diatasnya. View, fasilitas lain itu adalah bonus.

Seandainya anda kesulitan untuk menemukan properti impian anda, Ray White Sukajadi siap membantu mencarikan properti terbaik untuk anda. Berpengalaman sejak 2015, dalam waktu kurang dari 2 tahun Ray White Sukajadi telah berhasil mendapatkan penghargaan dari Ray White Indonesia sebagai kantor terbaik di wilayah regional Indonesia di tahun 2016. Selain itu pada tahun 2016, terdapat 4 orang Marketing Eksekutif yang berhasil menjadi Alan Elite Performers Club (EPC).

Belum lagi pada tahun 2017, Ray White Sukajadi  kembali memecahkan rekor sebagai salah satu kantor di Bandung dangan jumlah marketing berprestasi yang terbanyak yang mendapatkan penghargaan dari Ray White Indonesia. Dan untuk tahun 2021 sendiri, Ray White Sukajadi kembali menyabet 3 penghargaan untuk kategori regional dan nasional dalam Ray White Indonesia Award.

Tentunya dengan sederet prestasi seperti diatas, bukan masalah besar ketika anda memutuskan menggunakan jasa kami untuk mencari properti sesuai impian anda.

Menggunakan mindset pengusaha akan membantu anda menemukan lokasi dan properti terbaik sebelum anda menyesal karena menggunakan keputusan emosional. Anda bisa memulai dengan menulis daftar tipe rumah, lokasi, spek yang diinginkan dan tujuan membeli rumah tersebut. Jangan kuatir, meskipun bisnis properti itu sangat pesat, peluang anda untuk mendapatkan properti terbaik dilain waktu masih terbuka lebar.

Yang dimaksud dengan mindset pengusaha disini adalah; anda memiliki visi dan misi yang besar, berani mengambil resiko serta bertindak out of the box dengan mempertimbangkan untung dan rugi dalam jangka panjang maupun jangka pendek

Timing

Membeli disaat waktu yang tepat lebih menguntungkan daripada membeli tepat waktu. Sama seperti misal anda memutuskan membeli properti saat pandemi covid yang kemungkinan besar banyak orang membutuhkan dana ekstra untuk bertahan dan ekonomi negara yang sedang menurun. Tapi bukan berarti kami bisa tahu persis kapan waktu yang tepat membeli ataupun menjual properti, yang kami sarankan disini hanya tips untuk mendapatkan rumah impian dan bisa dijadikan salah satu investasi.

Listing

Anda bisa memulai dengan mencari rumah yang ada di daftar situs jual beli rumah dalam kurun waktu 3 bulan lebih dan statusnya masih available. Kemudian anda bisa melakukan riset mulai dari spesifikasi, lokasi, luas tanah, fasilitas, harga, kerusakan dan lain-lain apakah rumah ini memenuhi sebagian besar kriteria anda. Jika iya, langsung hubungi penjual untuk melakukan penawaran, beberapa penjual akan lebih rela melepas dengan harga dibawah offer namun terjadi kesepakatan pada hari itu juga, dibanding menanti calon pembeli yang sesuai dengan harga penawaran namun tidak kunjung datang. Dan dengan berkunjung dan membuktikan kalau anda pembeli serius, harga ideal akan lebih mudah untuk didapatkan. Memang akan sedikit melelahkan prosesnya, namun hasilnya akan sangat memuaskan.

   

Lokasi

Sebelum anda memutuskan untuk membeli rumah, anda jangan langsung tergoda oleh harga dan promo yang dipasang oleh penjual rumah di Bandung. Kenapa? Karena tidak lucu jika misal anda mendapatkan kriteria rumah idaman misal di Padalarang, Bandung namun tempat kerja anda berada di perbatasan Sumedang – Bandung. Atau anda berencana investasi cepat rumah murah di Sumedang untuk disewakan namun sampai bertahun-tahun kemudian belum ada yang tertarik. Jadi pastikan rumah yang anda beli tidak akan menyulitkan anda dikemudian hari.

Anda bisa mulai mencari rumah idaman kalian di situs jual beli rumah misalnya di Ray White Sukajadi yang merupakan salah satu agent properti terbaik di Bandung. Jangan lupa bahwa membeli rumah idaman itu berarti anda mendapatkan rumah dengan lingkungan yang nyaman dan aman serta memudahkan urusan. Selain itu, jika anda memutuskan untuk menjadikan rumah tersebut sebagai investai, pastikan nilai rumah tersebut (baik jual / sewa) bakal meningkat dari waktu ke waktu.

Tips: Hunian yang dengan dengan pusat pendidikan, akses tol, transportasi publik, mall menjadi nilai lebih rumah itu sendiri. Jadi anda bisa memulai mencari lokasi dengan nilai lebih tersebut.

 

 

Penawaran

Sebelum anda memutuskan melakukan deal dengan penjual, ada baiknya anda mengetahui trik untuk membuat penawaran harga. Karena jika anda mempunyai skill menawar yang bagus, selain anda bisa mendapatkan rumah impian untuk dihuni, bisa mendatangkan uang kedepannya (jika untuk investasi). Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan ketika memutuskan untuk melakukan penawaran.

Lihat terlebih dahulu lokasi dan cek rata2 sewa rumah di lokasi tersebut. Jika anda ingin membeli rumah yang harganya 50x lipat (misal) dari harga sewa, kemungkinan besar rumah itu terlalu mahal.

Jika anda memutuskan untuk berinvestasi, coba memulai untuk mencari rumah dengan spesifikasi 3 kamar atau 4 kamar tidur. Kebanyakan orang tertarik dengan spek tersebut karena harga yang lebih terjangkau dan membuatnya lebih cepat laku dibandingkan anda memutuskan untuk berinvestasi di rumah megah dengan belasan kamar. Yang ini berarti meningkatnya penawaran orang yang tertarik dengan properti anda.

Mulailah mencari rumah dengan fasilitas garasi luas atau pun mempunyai ruangan kosong (misal gudang) karena bagaimanapun juga, orang akan lebih tertarik ketika melihat ada ruangan lebih yang bisa dimanfaatkan serta ada garasi untuk parkir kendaraan mereka. Termasuk adanya halaman juga bisa menjadi nilai lebih untuk dimanfaatkan sebagai ruang santai maupun tempat bermain anak-anak maupun hewan peliharaan.

Pikir kembali ketika memutuskan untuk mencari rumah di lokasi strategis (di pusat kota maupun di jalan utama dan ramai), selain jarang ada, sekalipun ada harganya pun sangat tinggi. Belum kelak  anda harus membiasakan diri dengan kebisingan lalu lalang kendaraan. Kecuali anda punya banyak uang dan menginvestasikan properti tersebut untuk disewakan sebagai ruang usaha.

 

Ketika anda memutuskan mencari properti untuk kemudian disewakan seperti di atas, cobalah mencari calon penyewa yang akan menggunaan properti anda dengan jangka panjang. Saat bertemu calon penyewa, jangan ragu untuk bertanya berapa lama mereka akan menyewa.

Karena semakin lama menyewa, potensi anda untuk mendapatkan uang tanpa harus renovasi ketika mencari penyewa baru, semakin banyak. Itulah mengapa banyak properti dengan lokasi strategis  seringkali disewa dalam jangka waktu lama. Semisal rumah / apartemen yang dekat dengan pusat pendidikan, pusat perbelanjaan atau properti semisal rumah, ruko di lokasi strategis suka disewa untuk ruang usaha.

 

 

Selain itu tidak semua orang itu menyukai hal-hal minimalis, semakin banyak ruang lega yang bisa digunakan, semakin banyak barang yang kelak ditaruh oleh penyewa. Dan beberapa orang berprinsip ketika semakin banyak barang di rumah mereka, semakin kecil kemungkinan untuk pindah. Itulah sebabnya ketika anda memutuskan untuk berinvestasi properti, carilah rumah yang mempunyai gudang atau ruangan untuk menaruh barang.

 

Salah satu hal krusial adalah mencari penyewa yang beretika, karena anda akan menyerahkan properti anda ke orang lain yang berarti anda harus bisa meyakinkan diri anda kalau si-penyewa tidak akan merusak properti anda dan akan selalu membayar tepat waktu.

 

Selain itu anda bisa memulai dari diri sendiri dengan memperkenalkan si penyewa kepada tetangga serta memberi tahu jika si penyewa membuat keributan, mereka bisa menghubungi anda dan mengurus hal tersebut tanpa harus merepotkan tetangga.

Jangan lupa untuk menyiapkan klausul perjanjian, karena bagaimanapun dengan adanya surat hitam diatas putih akan lebih membuat aman masing-masing pihak pada kemudian hari.

 

Bagaimana? Sudah memutuskan untuk berinvestasi properti dan menghasilkan uang dari sana? Atau masih kebingungan mencari lokasi  atau jenis properti yang tepat sesuai dengan keuangan anda? Anda bisa menghubungi Ray White Sukajadi yang berlamat di jalan sukajadi 119 Bandung. Karena selain kami berpengalaman dalam jual-beli-sewa properti di Bandung khususnya daerah Bandung utara, kami mempunyai belasan Marketing Executive yang berpengalaman di bidangnya.

 

Terbukti meskipun tahun kemarin ekonomi Indonesia sedang menurun, kami berhasil membuktikan diri sebagai salah satu agent properti terbaik di bandung dengan menyabet beberapa pernghargaan di Ray White Indonesia Annual Award 2021 antara lain:

#1 Top Ray White Bandung Office

#1 Top Ray White Regional Office

#16 Top Ray White National Office.

 

Untuk mendapatkan info lebih lanjut terkait daftar properti yang bisa menguntungkan untuk anda, bisa langsung datang ke Ray White Sukajadi yang berlamat di Jl. Sukajadi no 119, Bandung atau telp langsung ke 022-203-400 /  0816-600-768

 

Share