logo-raywhite-offcanvas

30 Jul 2020

BISNIS PROPERTI YANG TIDAK MENGENAL RESESI DI TENGAH PANDEMI COVID-19

BISNIS PROPERTI YANG TIDAK MENGENAL RESESI DI TENGAH PANDEMI COVID-19

BISNIS PROPERTI YANG TIDAK MENGENAL RESESI DI TENGAH PANDEMI COVID-19

 

Ray White Sukajadi adalah sebuah kantor broker property yang beralamat di jalan Sukajadi no. 119 Bandung. Ray White Sukajadi merupakan sebuah kantor franchise dari Ray White Indonesia, sebuah brand broker property berskala internasional. Ray White Sukajadi telah memperoleh penghargaan sebagai Top Office untuk area Bandung selama 4 tahun berturut-turut, dan telah terdaftar di Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) yang diakui oleh pemerintah Indonesia.

Di tengah pandemic Covid-19 yang tengah dihadapi oleh dunia, bisnis property Ray White Sukajadi tidak mengenal resesi. Selama periode bulan maret 2020, ketika pandemic Covid-19 ini muncul pertama kalinya, “fear” atau rasa takut yang dimiliki oleh orang-orang begitu tinggi karena ini hal baru.  Tetapi hal ini tidak mengakibatkan pasar property menurun drastis. Orang-orang yang membutuhkan property masih ada dan masih terus mencari, apapun keadaannya. Apalagi rumah sekarang menjadi satu-satunya tempat yang aman bagi kita beraktifitas seperti normal dulu. Strategi penjualan dan promosi berbasis virtual dan program promosi yang menarik berkontribusi besar bagi penjualan properti. Selain itu, penurunan harga dari pihak pemilik property juga menjadi nilai plus bagi kami sebagai marketing executive.

Key Success dalam mempertahankan bisnis property tetap berjalan di tengah pandemic Covid-19 adalah sebagai berikut :

  1. Strategi penjualan berbasis virtual yang memungkinkan calon buyer atau calon renter melakukan house tour dan house viewing walaupun mereka tidak berada di lokasi property.
  2. Penurunan harga jual property dari pemilik property dimana pemilik property lebih fleksibel dalam hal harga, sehingga bisa saja harga property diturunkan sampai di bawah harga jual pasaran pada umumnya.
  3. Kemudahan fasilitas kredit yang difasilitasi oleh bank-bank yang bekerja sama dengan kantor Ray White Sukajadi.

Kantor Ray White Sukajadi pun mengalami hal serupa. Di tengah pandemic Covid-19 yang dirasakan imbasnya semenjak pertengahan bulan maret 2020 dan mengakibatkan kantor tutup sementara dan seluruh marketing menerapkan system Work From Home (WFH), proses showing dan transaksi tetap berjalan dengan mengutamakan protocol kesehatan. Calon buyer dan calon renter yang berasal dari luar kota, mendapatkan ijin untuk hadir di kantor-kantor notaris dengan menggunakan Surat Tugas dan dipastikan kondisinya sehat untuk melakukan tanda tangan berkas penting. Transaksi yang masih on progress dari tahun lalu, dimana kesepakatan akhirnya waktunya bertepatan saat marketing executive kami WFH tetap dapat berjalan tanpa mengalami penundaan. Adanya beberapa transaksi yang tertunda menjadi pembelajaran bagi kami untuk ke depannya.

Tahun 2020 ini menjadi tahun yang penuh dengan kata “pertama” di semua bidang industri dan lainnya. Bagi kantor kami, pertama kalinya menerapkan system kerja Work from home (WFH) yang tidak disangka efektivitasnya kurang lebih sama dengan system kerja normal sebelumnya. Transaksi penjualan/penyewaan rumah menjadi bisnis yang tidak mengenal resesi di tengah pandemic Covid-19 ini dikarenakan beberapa hal berikut :

  1. Rumah menjadi satu-satunya tempat yang aman dan memungkinkan kita tetap produktif di tengah pandemic Covid-19 ini.

Fungsi rumah di tahun 2020 ini telah diperluas, bukan hanya sebagai hunian nyaman bagi keluarga, tetapi menjadi sarana untuk bekerja, produktif, mendapatkan ide, membangun tim, membantu sesama.

  1. Nilai jual rumah yang cenderung stabil sehingga memiliki nilai jual lebih sebagai salah satu pilihan investasi.

Di tengah pandemic Covid-19, banyak pemilik rumah yang melepas harga rumah menjadi lebih rendah dari sebelumnya bahkan lebih rendah dari harga pasaran pada umumnya- terkoreksi 20-30 persen di bawah harga normal. Hal itu dikarenakan faktor ekonomi. Bagi investor, ini adalah saat yang tepat untuk memiliki asset untuk investasi.

  1. Keringanan pajak berdasarkan ketetapan peraturan pemerintah terkait pandemic Covid-19 ini juga meringankan sebagian besar wajib pajak yang memiliki asset.

Adanya kebijakan untuk tidak menaikkan harga Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) juga merupakan salah satu keringanan yang diberikan pemerintah.

  1. Adanya keringanan yang diberikan oleh beberapa pihak developer terkait pembelian hunian secara kredit/cicilan.

Sekarang beberapa developer, contohnya Kota Baru Parahyangan memberikan promo yaitu, selain cicilan rumah setiap bulannya, untuk Down Payment juga dapat dicicil sesuai ketentuan, tentunya dengan melampirkan syarat-syarat yang dibutuhkan.

Selama kami menerapkan system kerja WFH, kami berkesempatan pula memperkaya skill-skill marketing executive kami dengan meeting, webinar, dan product knowledge via aplikasi zoom. Ini adalah kesempatan baik yang kami manfaatkan untuk memperkaya ilmu-ilmu bagi kantor kami dan marketing executive kami. Meeting, webinar dan product knowledge ini kami ikuti dari berbagai sumber, baik internal kami, kantor pusat Ray White Indonesia, developer dan AREBI. Ray White Indonesia sebagai kantor pusat memfasilitasi kami dengan webinar yang selalu beragam topicnya sehingga pembelajarannya selalu continue.

Kembali dengan kondisi pandemic Covid-19  ini, tentunya dengan kantor menerapkan system kerja Work From Home (WFH), maka biaya operasional kantor pun teralihkan diutamakan untuk menunjang system kerja WFH ini. Pemangkasan biaya-biaya yang tidak diperlukan seperti belanja kantor kopi, gula, air dan lainnya dialihkan untuk kepentingan meeting internal, zoom webinar dan product knowledge. Marketing executive diminta untuk tetap produktif, tetap semangat dan tetap optimis di tengah pandemic Covid-19 ini. Dengan adanya dukungan penuh dari Principal kami, system kerja WFH menjadi efektif bahkan menjadi salah satu terobosan bagi kantor kami yaitu tetap berprestasi di tengah pandemic Covid-19. Berikut adalah beberapa prestasi kantor kami saat pandemic Covid-19 ini:

  1. Winner - Top 15 Marketing Executive based on Commission periode Maret 2020- Susana Kusnadi juara nomor 8 dan Eliz Lau juara nomor 9.
  2. Winner - Top 15 Offices periode Maret 2020 – Ray White Sukajadi juara nomor 5.
  3. Winner - Top 10 Regional Offices periode Maret 2020 – Ray White Sukajadi juara nomor 1.
  4. Winner - Top 15 Marketing Executive based on Commission periode Mei 2020 – Eliz Lau juara nomor 4 dan Susana Kusnadi juara nomor 5.
  5. Winner - Top 10 Regional Offices periode Mei 2020 – Ray White Sukajadi juara nomor 2.
  6. Winner - Top 15 Offices periode Mei 2020 – Ray White Sukajadi juara nomor 3.

Prestasi di atas untuk membuat tim kami semakin semangat untuk tetap produktif di tengah pandemic Covid-19 ini. Prestasi di atas bukan atas kerja keras single person tetapi atas kerjasama tim Ray White Sukajadi. Adanya dukungan penuh dari kantor terhadap marketing menjadikan salah satu key success kami berprestasi. Dengan prestasi di atas pula, membuktikan bahwa kerja keras tim selama ini tidaklah sia-sia.

Mengutip quotes dari Pak Johann Boyke Nurtanio untuk motivasi dan disiplin :

“Our most significant opportunities will be found in times of greatest difficulty”

Di dalam Bahasa Mandarin ada sebuah istilah “Wei Ji” , yang artinya “krisis”. Kata ini merupakan gabungan dari ‘Wei’ (bahaya) dan ‘Ji’ (peluang). Artinya dalam setiap krisis selalu tersimpan peluang. Di saat ketika orang-orang sedang berkutat dengan impact yang disebabkan olek krisis, kita harus tetap semangat untuk tetap produktif dan berusaha optimis dalam mengatasi segala masalah dan mencari jalan keluar yang terbaik serta memikirkan ‘peluang’ apa yang ada di krisis ini.

Dengan periode tahun 2020 yang baru memulai semester keduanya di bulan juli 2020 ini, kami dari Ray White Sukajadi dengan semangat menyambut bulan juli 2020 ini. Kami memiliki rencana-rencana yang menunjang kegiatan marketing, antara lain :

  1. Mengedepankan protocol kesehatan dalam proses kerja dengan system normal dengan hidup di tengah-tengah pandemic Covid-19 ini.
  2. Memfasilitasi marketing executive kami yang memerlukan surat tugas atau surat keterangan untuk perjalanan antar kota untuk keperluan transaksi seperti penandatanganan berkas asli dan lainnya.
  3. Tetap mengadakan dan mengikuti meeting internal via zoom, webinar, dan product knowledge via zoom dari berbagai developer.
  4. Melakukan showing property dengan mengedepankan protocol kesehatan.
  5. Membantu klien untuk mendapatkan KPR dari bank-bank yang kerjasama dengan kantor.
  6. Melakukan kegiatan pembersihan kantor setiap hari.
  7. Menyediakan masker untuk marketing executive, klien dan calon buyer maupun calon renter.
  8. Mengingatkan marketing executive untuk selalu melakukan cuci tangan setiap kali masuk ke kantor.

Dalam hal kesehatan, kami berprinsip lebih baik mencegah daripada mengobati. Klien-Klien dan calon buyer dan calon renter juga mempercayai kami dikarenakan kami Ray White Sukajadi mengedepankan kepentingan klien dan calon buyer atau calon renter. Mencari jalan tengah yang menjadi win-win solution bagi kedua belah pihak adalah salah satu fungsi yang kami jalankan.

Beberapa hal yang penting di tengah pandemic Covid-19 ini adalah sebagai berikut :

  1. Tetap optimis dan berpikiran positif.
  2. Mengedepankan protocol kesehatan dalam setiap aktifitas apapun, wajib menggunakan masker, rajin cuci tangan, menggunakan hand sanitizer, menggunakan face shield jika perlu.
  3. Berusaha tetap produktif walaupun melaksanakan system kerja Work From Home (WFH).
  4. Berusaha bangun pagi dan berolahraga untuk menjaga stamina tubuh. Olahraga penting demi menjaga kesehatan tubuh, melatih organ-organ dalam kita seperti jantung, dll.
  5. Setiap pagi jika ada sinar matahari, usahakan berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh.
  6. Meminimalisir melakukan kegiatan di luar rumah kecuali amat sangat penting dan tidak dapat diwakilkan.
  7. Memanfaatkan kecanggihan teknologi yang telah ada hingga kini.
  8. Jangan lupa untuk memberi kepada kaum yang membutuhkan, karena kita tidak akan kekurangan dengan memberi kepada yang lainnya.
  9. Memperbanyak minum air putih untuk kesehatan badan kita.
  10. Jangan lupa minum vitamin C untuk membantu daya tahan tubuh kita di tengah pandemic Covid-19 ini.

Dengan adanya usaha kami di tengah-tengah pandemic Covid-19 ini, semoga bisa memotivasi yang lain untuk tetap semangat, tetap berusaha dan tetap optimis. Kami dari tim Ray White Sukajadi berharap pandemic Covid-19 ini segera berlalu, sehingga kita bisa menyambut kehidupan yang lebih baik lagi ke depannya. Salam sehat dan tetap semangat!

Share